Membangun bisnis yang menguntungkan dalam jangka panjang tentu saja impian semua orang saat ingin membangun suatu bisnis. Akan tetapi, hal ini tentu saja bukanlah hal yang

mudah apalagi melihat persaingan pasar yang semakin ketat. Oleh sebab itu, agar bisnis menguntungkan anda perlu menyusun strategi jitu yang membuat bisnis yang anda miliki dapat bersaing dengan kompetitor.


Table of Content

  • Rekomendasi Bisnis Menguntungkan

1. Bisnis Tanpa Modal dengan Sistem Dropship
2. Usaha Perikanan
3. Bisnis Makanan Sehat
4. Bisnis Custom Gift
5. Memulai Bisnis Fashion
6. Laundry Kiloan
7. Bisnis Kosmetik
8. Bisnis Properti
9. Usaha Burger
10. Usaha Cuci Mobil


Karena itu, yuk simak rekomendasi bisnis menguntungkan modal kecil yang sangat cocok untuk pemula.

1. Bisnis Tanpa Modal dengan Sistem Dropship

Memulai bisnis dengan sistem dropship merupakan salah satu cara memulai bisnis tanpa modal. Dalam sistem ini anda tidak perlu repot menyediakan modal untuk menyediakan stok barang yang akan dijual karena dalam sistem ini anda hanya perlu meneruskan orderan kepada supplier dan mereka yang akan memprosesnya.

Supplier nantinya akan mengemas dan mengirim produk yang telah anda pesan kepada konsumen anda. Oleh sebab itu, apabila ingin memulai bisnis dengan sistem ini anda perlu mencari supplier terpercaya sehingga bisnis yang anda lakukan dapat berjalan lancar.

Cara ini bisa anda coba apabila anda ingin memulai bisnis tapi masih belum memiliki modal yang cukup. Agar memberikan keuntungan yang maksimal, anda perlu melakukan analisis mendalam untuk menemukan supplier dengan harga dan pelayanan terbaik sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

2. Usaha Perikanan

Usaha perikanan bisa menjadi salah satu bisnis menguntungkan sangat menjanjikan untuk di mulai di tahun 2021.

Bisnis perikanan sendiri kini sudah semakin berkembang sehingga terdapat banyak sekali cara memulai bisnis ini yang bisa anda coba.

Dalam menentukan ikan apa yang akan anda budidayakan, anda harus melihat bagaimana kondisi pasar sehingga anda tahu jenis ikan apa yang permintaannya tinggi di pasaran.

3. Bisnis Makanan Sehat

Bisnis F&B merupakan salah satu bisnis yang berkembang cukup pesat dan bertahan di masa pandemi.

Kondisi pandemi membuat trend bisnis F&B pun berubah sehingga muncul model bisnis F&B dengan konsep cloud kitchen yang semakin populer dalam beberapa waktu belakangan.

Selain model bisnis, produk F&B pun kini kian beragam mengikuti perkembangan pasar dan kebutuhan dari masyarakat.

Makanan sehat merupakan salah satu jenis produk yang semakin diminati belakangan ini karena pandemi mendorong masyarakat untuk menjalankan hidup yang lebih sehat.

Kesempatan ini bisa anda manfaatkan untuk meraup keuntungan dengan membuka bisnis yang menjual makanan sehat seperti salad, paket catering diet, atau berbagai cemilan rendah kalori.

4. Bisnis Custom Gift

Saat memberikan hadiah, banyak orang ingin memberikan sesuatu yang unik sehingga penerima dapat terus mengingat hadiah tersebut. Oleh sebab itu, kini banyak bermunculan jasa custom gift yang membantu konsumen menciptakan hadiah unik untuk orang tersayang mereka.

Apabila anda memiliki kemampuan untuk merancang gift box yang unik dan menarik maka anda bisa mulai membangun bisnis ini. Bisnis ini sangat menjanjikan karena saat ini semakin banyak momen yang mendorong orang untuk saling mengirim hadiah seperti ulang tahun, kelulusan, atau momen menyemangati seseorang saat sedang isolasi mandiri.

5. Memulai Bisnis Fashion

Fashion merupakan salah satu industri yang tidak ada matinya karena industri ini terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Untuk memulai bisnis anda memiliki dua pilihan, anda bisa menjual pakaian yang sudah jadi atau menjual pakaian dengan modal dan desain yang anda produksi sendiri.

Masing-masing cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga bisa anda sesuaikan dengan modal dan pasar yang anda tuju.

Apabila anda memang memiliki ide dan kemampuan untuk memproduksi sendiri, maka anda memikirkan bagaimana cara produk baru yang anda jual ini disukai oleh pasar. Oleh sebab itu, anda perlu memikirkan konsep dari bisnis fashion yang akan dijalankan secara matang.

Apabila tertarik memulai bisnis ini, anda harus menyiapkan lokasi yang strategis seperti dekat dengan jalan raya agar bisnis anda dapat mudah diakses oleh konsumen.

Apabila kesulitan merencanakan sistemnya, maka anda bisa membuka bisnis ini dengan skema franchise sehingga anda lebih mudah menjalankan bisnis ini.

6. Laundry Kiloan

Jasa laundry kiloan merupakan salah satu bisnis yang terus berkembang dan memiliki pasar yang semakin besar dari waktu ke waktu. Hal ini karena orang-orang semakin sibuk sehingga mereka tidak punya waktu untuk mencuci pakaian mereka sendiri.

Selain itu, hal ini juga terjadi karena banyak orang yang tinggal di kontrakan atau kost tidak memiliki ruang yang cukup untuk mesin cuci. Hal ini membuat laundry kiloan menjadi salah satu kebutuhan utama bagi banyak orang.

7. Bisnis Kosmetik

Kosmetik dan skincare merupakan salah satu bisnis yang berkembang pesat selama masa pandemi. Hal ini karena proses karantina membuat orang semakin sadar pentingnya menjaga penampilan mereka agar tetap menarik.

Oleh sebab itu, bisnis ini memiliki keuntungan yang menjanjikan jika anda mulai saat ini. Anda bisa mulai dengan menjadi dropshipper atau reseller dari berbagai brand kosmetik dan skincare lokal yang saat ini sedang sangat berkembang di Indonesia.

Selain itu, saat ini pemasaran produk menjadi lebih mudah karena adanya e-commerce yang mempermudah anda dalam proses transaksi dan pemasaran bisnis.  

8. Bisnis Properti

Bisnis properti merupakan jenis bisnis yang sangat potensial sehingga cocok untuk bisnis jangka panjang yang ingin anda jalankan. Anda bisa memilih ingin mulai dengan jual-beli atau properti sewaan seperti rumah kost atau kontrakan.

Agar bisnis ini bisa memberikan anda keuntungan jangka panjang, maka anda harus bisa memilih properti terbaik yang berada di kawasan strategis. Oleh sebab itu anda harus bisa melihat bagaimana potensi perkembangan dari lokasi properti yang anda pilih agar bisa melihat potensi bisnis yang muncul.

9. Usaha Burger

Burger merupakan salah satu produk yang sangat digemari masyarakat dari berbagai kalangan. Oleh sebab itu, bisnis ini sangat potensial untuk anda mulai.

Apabila anda ingin memulai usaha burger, anda harus membangun keunikan burger anda jika dibandingkan dengan burger lainnya. Oleh sebab itu, sebelum memulai bisnis anda harus menentukan ciri khas bisnis anda terlebih dahulu agar bisa menarik perhatian konsumen.

Selain itu jangan lupa, anda harus membangun produk dengan kualitas terbaik yang agar bisa menarik konsumen bisa datang kembali.

10. Usaha Cuci Mobil

Usaha cuci mobil saat ini menjadi salah satu bisnis dengan keuntungan yang sangat karena masyarakat yang semakin sibuk sehingga tidak punya waktu lagi untuk mencuci mobil mereka sendiri. Selain itu bisnis usaha cuci mobil menjadi semakin berkembang karena semakin banyaknya jumlah kendaraan di Indonesia.

Akan tetapi, apabila anda ingin memulai bisnis ini, anda harus menyiapkan konsep yang matang agar bisnis tidak bermasalah di tengah jalan. Robotic car wash merupakan salah satu konsep car wash yang sangat menguntungkan karena bisnis bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Dalam sistem robotic car wash waktu layanan cukup 10-20 menit saja sehingga banyak konsumen dapat terlayani dalam satu hari. Akan tetapi jangan lupa, anda juga harus menyediakan lokasi strategis untuk mempermudah anda menarik konsumen.

Menyusun Strategi agar Bisnis Menguntungkan

Salah satu cara menyusun strategi yang bisa anda terapkan adalah dengan analisis SWOT sehingga anda bisa membangun strategi untuk bisnis dengan keuntungan yang lebih optimal. Supaya anda lebih paham mari kita bahas satu per satu komponen dari analisis SWOT

1. Strength

Komponen pertama adalah strength atau kekuatan, komponen ini merupakan faktor internal yaitu kekuatan yang dimiliki oleh bisnis yang akan anda bangun. Anda harus membuat daftar kelebihan apa saja yang bisnis anda miliki sehingga bisa anda gunakan untuk memberikan anda keuntungan yang lebih maksimal. Hal ini bisa dari sisi produk, lokasi, atau sumber daya yang anda miliki.

2. Weakness

Selanjutnya, anda perlu memperhatikan weakness atau kelemahan dari bisnis anda untuk anda perbaiki dan optimalkan lagi. Anda perlu menganalisis kekurangan dari bisnis anda dari kompetitor sehingga anda tahu apa saja yang harus diperbaiki untuk mencapai bisnis dengan keuntungan yang optimal.

3. Opportunity

Opportunity merupakan faktor eksternal yang perlu anda analisis untuk menciptakan strategi bisnis yang lebih baik. Anda perlu melihat berbagai peluang yang ada di pasar pada saat ini. Anda bisa mulai dengan melihat kebutuhan konsumen apa saja yang belum terpenuhi sehingga bisa anda manfaatkan sebagai peluang pengembangan bisnis.

4. Threat

Terakhir, threat merupakan ancaman yang muncul dari luar seperti kompetitor yang harus anda waspadai saat menjalankan suatu bisnis. Untuk itu anda harus menyusun strategi bagaimana agar bisnis anda tidak ketinggalan dan bisa lebih unggul dibandingkan kompetitor.

Risiko dalam Bisnis

Dibalik potensi keuntungan yang besar, membangun bisnis juga memiliki risiko yang besar sehingga anda harus berhati-hati dalam membangun bisnis. Tingginya risiko kerugian ini juga disebabkan oleh masih kurangnya pengalaman anda sebagai pemula dalam mengelola bisnis. Oleh sebab itu, anda harus melakukan analisis dengan baik sebelum memulai suatu bisnis.

Apabila anda belum sanggup untuk menanggung risiko ini, ada cara yang lebih mudah yaitu investasi bisnis dengan skema equity crowdfunding. Sistem ini membuat risiko kerugian anda menjadi lebih kecil karena bisnis yang anda danai akan dikelola oleh pihak yang sudah berpengalaman. Selain itu, cara ini sangat cocok untuk pemula karena investasi ini bisa dimulai dengan modal kecil.

Karena itu, tunggu apalagi yuk…

Yuk Pilih Bisnis Terbaik untuk Investasi Jangka Panjang Anda Bersama LandX

Biar Terus Update Berbagai Info Terbaru Seputar Bisnis, Yuk Follow Instagram Kami di @landx.id

#LandX.id#landx.id#landx  #InvestasiBisnis#EquityCrowdfunding#InvestasiMenguntungkan#Urundana#BisnisPatungan#InvestasiUsaha

Baca Juga:

Tell us about you

Find us at the office

Eastmond- Sukel street no. 62, 79540 Hanga Roa, Easter Island

Give us a ring

Jaquelinee Wrate
+74 201 709 645
Mon - Fri, 9:00-15:00

Reach out