Ternyata, ketika menonton film yang menakutkan, otak kita merilis dopamine yang justru membuat kita senang. Hal tersebut diduga sebagai alasan manusia menyukai film psikopat. Tidak heran, bila dari waktu ke waktu berbagai rumah produksi berusaha menghadirkan film psikopat terbaik.

Tidak hanya dari Hollywood, Anda juga bisa menikmati film psikopat Korea ataupun film psikopat Indonesia. Judul film psikopat sadis yang menarik untuk ditonton, misalnya Shutter Island dan Memoir of A Murderer. Agar Anda lebih mudah menemukan film psikopat yang bagus, coba simak tips memilih dan rekomendasi berikut ini.

  • Pembaharuan terakhir: 28 Agustus 2021
  • 242 Views

Cara memilih film psikopat

Film psikopat menampilkan tokoh antisosial yang cenderung melakukan tindak kekerasan serta kesulitan merasakan empati. Adapun genre dari film tersebut cukup bervariasi, begitu juga asal negaranya. Untuk memudahkan Anda menentukan film psikopat yang menarik ditonton, silakan pertimbangkan tips memilih berikut ini. 

Cari genre yang menarik bagi Anda

Sebuah film yang menampilkan tokoh psikopat dapat mempunyai genre horor, thriller, slasher, dan gore. Mari kenali karakteristik masing-masing genre tersebut sebelum Anda memutuskan film yang akan ditonton. 

Horor, didesain untuk membangkitkan rasa takut

Horor,

Horor adalah sebuah genre yang ditujukan untuk menakut-nakuti dan mengejutkan penonton. Biasanya, rasa takut ditimbulkan oleh gambar atau situasi tertentu. Jadi, cerita dan karakter sama pentingnya dengan suasana menyeramkan yang dibangun.

Kebanyakan film horor menghadirkan rasa takut melalui unsur mistik seperti arwah gentayangan, sihir, dan pemujaan atau cult. Bila Anda senang dibuat terkejut dengan alur atau peristiwa yang tidak terduga, pilihlah film psikopat bergenre horor.

Thriller, terasa sangat menegangkan

Thriller,

Genre thriller memiliki irisan yang dekat sekali dengan horor. Ciri utama dari genre yang satu ini adalah membuat penonton merasa tegang, waswas, atau cemas. Dalam genre thriller, umumnya penonton sudah mengetahui tokoh antagonis, tetapi belum mengetahui nasib akhir tokoh protagonis. Kekhawatiran akan nasib tokoh protagonis inilah yang sering kali menciptakan ketegangan.

Jika Anda sanggup bertahan dengan rasa tegang sepanjang film, genre thriller mungkin tepat untuk Anda. Shutter Island merupakan salah satu film psikopat yang cukup populer dari genre ini. Selain itu, ada pula film psikopat yang bergenre kombinasi thriller dan horor atau drama dan thriller.

Slasher dan gore, menampilkan adegan sadis

Slasher

Secara sederhana, genre slasher merupakan film yang mengisahkan seorang psikopat mengintai serta membunuh korbannya dengan sadis. Beberapa film psikopat legendaris dari genre ini, contohnya The Perfection dan Hush.

Sementara itu, genre gore banyak mengandung adegan kekerasan yang menampilkan penyiksaan serta efek darah di dalamnya. Karena kengerian yang diciptakan, genre yang satu ini memang tidak untuk semua orang. Jadi, kedua genre ini sebaiknya hanya dipilih oleh Anda yang sanggup melihat adegan penyiksaan secara eksplisit.

Pilih berdasarkan asal negaranya

Hollywood mungkin cukup populer dengan karya film psikopat, tetapi Indonesia dan Korea pun sebetulnya memiliki karya serupa. Bahkan, film psikopat Indonesia dan film psikopat Korea tidak kalah menarik dibandingkan Hollywood. Sebelum menjatuhkan pilihan, Anda dapat mencermati keunggulan film dari masing-masing negara tersebut. 

Film Indonesia, terkesan lebih nyata

Apakah Anda pernah merasa menonton film yang berkisah tentang kuntilanak terasa lebih seram daripada drakula? Hal tersebut kemungkinan karena Anda lebih relate dengan cerita dalam film sehingga terkesan lebih nyata. Perasaan serupa juga dapat muncul ketika Anda menonton film psikopat Indonesia.

Di Indonesia, film psikopat memang bukanlah topik yang sering diangkat ke dalam film. Akan tetapi, ada film psikopat Indonesia yang menyabet cukup banyak penghargaan seperti Rumah Dara dan Pintu Terlarang. Rumah Dara merupakan film besutan Timo Tjahjanto dengan rekannya, Kimo Stamboel. Sementara itu, Pintu Terlarang adalah salah satu dari sekian karya populer dari Joko Anwar.

Film Hollywood, penggarapannya terkenal apik

Penggarapan film psikopat Hollywood dikenal apik sebab filmmaker terkesan tidak takut menampilkan karakter terburuk manusia. Saat menontonnya, kita terkadang bergidik ngeri menyaksikan hal yang mampu dilakukan manusia kepada manusia lainnya. Segala kekejaman dan kekerasan seolah direkam secara detail serta eksplisit dalam film Hollywood.

Tidak sedikit juga film psikopat Hollywood yang diangkat dari kisah nyata. Tentunya, level ketegangan serta ketakutan yang tercipta meningkat berkali-kali lipat bila film dibuat berdasarkan cerita sebenarnya. 

Film Zodiac karya David Fincher termasuk salah satu yang terinspirasi dari kejadian nyata yaitu kasus zodiac killer. Sinema tersebut banyak menampilkan perburuan pelaku pembunuh berantai sebab kasusnya memang belum terpecahkan sampai saat ini.

Film Korea, bintang baru dalam dunia perfilman

Bukan rahasia lagi, industri film Korea tengah naik daun beberapa waktu belakangan ini, terutama dalam genre drama. Namun, setelah film Parasite berhasil memenangkan piala Oscar, genre thriller Korea pun turut menggeliat. Kini, Anda bisa memilih film psikopat Korea yang kualitasnya tidak kalah dari Hollywood

Sebut saja Memories of Murder karya Bong Joon-ho yang juga menyutradarai Parasite. Film yang mengambil setting waktu pada 1986 tersebut menceritakan kasus kekerasan seksual serta pembunuhan. Kedua detektif sebagai tokoh utama dalam film tersebut berupaya keras menangkap sang pelaku. Ulasan film psikopat Korea tersebut sangatlah positif, tetapi sayang film ini belum tersedia di situs menonton streaming.

Periksa rating serta review untuk film tersebut

Periksa

Usai memeriksa genre dan memilah asal negaranya, pastikan Anda juga mengecek rating serta review untuk film pilihan. Anda dapat mengandalkan situs Rotten Tomatoes dan Internet Movie Database (IMDb) untuk mengetahui ulasan serta peringkat film. 

Sebagai informasi, tidak mudah bagi sebuah film mendapatkan rating di atas 8/10 di IMDb. Karena itu, film dengan rating kurang dari 8 bukan berarti tidak bagus. Di sisi lain, kritikan pedas cukup banyak ditemukan di situs Rotten Tomatoes

Untuk menambah bahan pertimbangan, sebaiknya Anda juga membaca sinopsis dari film yang akan ditonton. Jika terasa menarik, langsung saja tonton filmnya. Jangan lupa, periksa pula durasinya untuk memastikan Anda dapat menonton film sampai selesai tanpa terganggu aktivitas lain. 

10 Rekomendasi film psikopat terbaik

Kini saatnya Anda menentukan film psikopat yang akan Anda tonton di Netflix, Disney+ Hotstar, Viu, atau Vidio. Film-film rekomendasi berikut ini dipilih dan diurutkan berdasarkan popularitasnya. Yuk, langsung simak rekomendasinya!

10

Miramax,

GenreThriller, slasher
Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis2019
Durasi1 jam 30 menit
Usia penonton18+

9

Blumhouse

GenreSlasher
Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis2016
Durasi1 jam 21 menit
Usia penonton18+

8

LifeLike

GenreThriller, gore
Asal negaraIndonesia
Tahun rilis2009
Durasi1 jam 54 menit
Usia penonton18+

7

Dark

GenrePsychological horror
Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis2009
Durasi2 jam 2 menit
Usia penonton18+

6

Screen

GenreThriller
Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis2016
Durasi1 jam 28 menit
Usia penonton18+

5

Yong

GenreThriller
Asal negaraKorea
Tahun rilis2020
Durasi1 jam 52 menit
Usia penonton16+

4

Showbox

GenreThriller
Asal negaraKorea
Tahun rilis2017
Durasi1 jam 58 menit
Usia penonton16+

3

Blinding

GenreHoror, thriller
Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis2016
Durasi1 jam 57 menit
Usia penonton16+

2

Cross

GenreThriller
Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis2010
Durasi1 jam 48 menit
Usia penonton20+

1

Phoenix

GenreThriller, mystery
Asal negaraAmerika Serikat
Tahun rilis2010
Durasi2 jam 18 menit
Usia penonton16+

Tabel perbandingan film psikopat terbaik

Gambar produk

1

Phoenix

Phoenix Pictures, Sikelia Productions, Appian Way Productions

2

Cross

Cross Creek Pictures, Protozoa Pictures, Phoenix Pictures, Dune Entertainment

3

Blinding

Blinding Edge Pictures, Blumhouse Productions

4

Showbox

Showbox

5

Yong

Yong Film

6

Screen

Screen Gems, Stage 6 Films, Ghost House Pictures, Good Universe

7

Dark

Dark Castle Entertainment, Appian Way Productions, Studio Babelberg Motion Pictures, StudioCanal

8

LifeLike

LifeLike Pictures

9

Blumhouse

Blumhouse Production, Intrepid Pictures

10

Miramax,

Miramax, Capstone Entertainment Group

Nama produk

Shutter Island

Black Swan

Split

Memoir of A Murderer

The Call

Dont Breathe

Orphan

Pintu Terlarang

Hush

The Perfection

Keunggulan

Siapkan diri Anda untuk akhir cerita yang tidak terduga!

Kisah angsa hitam yang mengeluarkan sisi kelam Nina

Kepribadian ke-24 akan membuat Anda tercengang

Meski terhapus dari memori, masa lalu selalu punya cara untuk kembali

Sambungan telepon misterius yang melahirkan serial killer

Tidak semua yang terlihat lemah berarti tidak berbahaya

Di balik wajah lugunya, tersimpan dark secret

Antara patung yang terkesan hidup dan misteri pesan permintaan pertolongan

Keheningan bisa membunuh, waspadalah!

Tontonan menarik untuk Anda yang kuat menyaksikan adegan sadis

GenreThriller, mysteryThrillerHoror, thrillerThriller Thriller Thriller Psychological horrorThriller, gore Slasher Thriller, slasher
Asal negaraAmerika SerikatAmerika SerikatAmerika SerikatKorea Korea Amerika Serikat Amerika Serikat Indonesia Amerika Serikat Amerika Serikat
Tahun rilis2010201020162017202020162009200920162019
Durasi2 jam 18 menit1 jam 48 menit1 jam 57 menit1 jam 58 menit 1 jam 52 menit 1 jam 28 menit 2 jam 2 menit1 jam 54 menit 1 jam 21 menit 1 jam 30 menit
Usia penonton16+20+16+16+16+18+18+18+ 18+18+
Tautan produk

Baca juga rekomendasi film lainnya di sini

Di samping film psikopat, kami juga mempunyai rekomendasi film dari berbagai genre. Anda bisa memeriksa rekomendasi film-film lainnya pada tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Bagi Anda yang menyukai sensasi ketegangan serta ketakutan, film psikopat dapat menjadi hiburan yang menarik. Dari berbagai judul film psikopat yang ada, Anda dapat memilahnya berdasarkan genre, asal negara, serta ulasannya. 

Karena kebanyakan film psikopat menampilkan adegan kekerasan, sebaiknya Anda tidak menontonnya bersama anak-anak. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan film psikopat yang dicari dan selamat menonton!

Artikel terkait

  • 10

    10 Rekomendasi Netflix Original Series Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

    Mencari tontonan berkualitas untuk akhir pekan atau di sela-sela kesibukan? Jawabannya adalah Netflix original series. Selain bermutu, pilihannya juga beragam. Anda bisa memilih series Lupin, Stranger Things, dan lainnya. Mulai dari komedi, aksi, fantasi, horor, sampai romance, semuanya ada. Bahkan, drama Korea juga bisa Anda nikmati.Tidak perlu bingung menentukan, kami akan memandu Anda memilih series yang sesuai preferensi. Rekomendasi beserta ulasannya juga sudah kami siapkan, lho. Ada yang bisa Anda tonton sendiri, ada yang lebih seru jika dinikmati ramai-ramai. Baca artikel ini sampai tuntas untuk menemukan Netflix series terbaik!

  • 10

    10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

    Anda yang menyukai film animasi Jepang atau biasa disebut anime, pasti tidak asing dengan Studio Ghibli. Ya, Studio Ghibli merupakan salah satu studio yang terkenal dengan produksi film animasi yang menawarkan cerita menarik. Tidak hanya itu, beberapa film Studio Ghibli juga sudah terkenal hingga tingkat internasional.Pada artikel ini, kami akan merekomendasikan beberapa film Studio Ghibli yang bagus beserta tips memilihnya. Beberapa Studio Ghibli films, seperti Princess Mononoke, Spirited Away, dan From Up on Poppy Hill akan kami bahas pada artikel kali ini. Jadi, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!

  • 10

    10 Rekomendasi Film Korea Terbaik Bercerita Sedih (Terbaru Tahun 2021)

    Industri film Korea makin menarik perhatian penonton internasional. Ide segar diramu menjadi kisah unik yang disajikan lewat film, termasuk film Korea dengan cerita sedih. Film-film tersebut dapat Anda tonton melalui layanan streaming seperti Viu, Netflix, dan Vidio. Di artikel ini, kami akan menyampaikan cara memilih film Korea sedih terbaik.Kami juga merekomendasikan film-film Korea yang bagus, misalnya Pawn dan Hope. Film-film ini akan menyentuh emosi Anda sekaligus membuat Anda menitikkan air mata. Genrenya pun beragam, dari romansa, drama, hingga fiksi ilmiah. Pilih sesuai selera Anda dan siapkan tisu sebelum menontonnya!

  • 10

    10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

    Film keluarga adalah film yang dirancang agar bisa ditonton oleh seluruh keluarga, baik orang tua maupun anak-anak. Untuk itu, gampang-gampang susah dalam memilih film keluarga. Tidak semua film dengan label family atau keluarga cocok untuk seluruh keluarga Anda. Nah, artikel ini akan memberikan beberapa tips dalam memilih film keluarga. Kami juga sudah menyeleksi sepuluh film keluarga yang bagus untuk Anda tonton di Netflix, Disney+, maupun Viu. Beberapa di antaranya adalah Keluarga Cemara, Petualangan Sherina, dan The Blind Side. Untuk melihat rekomendasi film keluarga lainnya, silakan baca artikel ini sampai habis. 

  • 10

    10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Hewan dan Manusia (Terbaru Tahun 2021)

    Film tentang hewan dan manusia merupakan salah satu kategori film yang banyak diminati. Di platform-platform media streaming, banyak film tentang anjing, film tentang kucing, atau tentang hewan-hewan lainnya. Tingkah polah hewan-hewan yang lucu dan menggemaskan akan membuat Anda terhibur. Untuk para penggemar film, kali ini kami akan mengulas film yang menceritakan tentang hewan dan manusia. Kami juga akan membahas daftar rekomendasi film yang bagus untuk Anda. Beberapa film ternama, seperti 102 Dalmatians, Eight Below, dan June & Kopi juga kami review. Silakan Anda lihat pembahasan lengkapnya dalam artikel ini!

  • 10

    10 Rekomendasi Reality Show Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

    Korean wave memang sedang melanda seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Salah satu contohnya adalah banyaknya tayangan reality show Korea yang bagus dan populer di dalam negeri. Sebut saja The Return of Superman dan The Law of the Jungle yang pastinya tidak asing bagi Anda.Jika Anda mencari reality show Korea terbaru, silakan simak artikel ini sampai habis. Banyak hal tentang reality show Korea yang kami bahas di sini. Perbedaan antara reality show dan variety show hingga rekomendasi reality show dari tvN dan KBS akan kami bahas juga. Selamat membaca!

  • 10

    10 Rekomendasi Film Barat Terbaik Bercerita Sedih (Terbaru Tahun 2021)

    Film-film bercerita sedih selalu mampu menyentuh sisi emosional penontonnya. Kisah sedih disajikan dalam film-film Barat yang bagus hingga membuat Anda terharu dan banjir air mata. Sebut saja Marriage Story dan The Pursuit of Happyness yang menampilkan adegan sedih dan menyentuh hati.Sebelum memilih film, baca dahulu tipsnya dalam artikel ini. Kami juga memberikan sepuluh rekomendasi film Barat terbaik bercerita sedih yang bisa ditonton di Neflix dan Disney+ Hotstar. Situs streaming legal tersebut menyajikan banyak koleksi film sedih yang siap mengaduk-aduk emosi. Selain menyiapkan camilan, siapkan tisu juga sebelum menontonnya!

  • 10

    10 Rekomendasi Film Ernest Prakasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

    Setelah kesuksesannya dalam menyutradarai film Cek Toko Sebelah, nama Ernest Prakasa makin dikenal dalam jagat perfilman. Ernest tak hanya pandai bermain film, tetapi juga menulis skenario serta menyutradarai film. Di artikel ini, kami akan membahas kumpulan film terbaik Ernest Prakasa.  Terdapat berbagai deretan film Ernest Prakasa terbaik, seperti Ngenest, Imperfect, serta film series lainnya. Kami akan merekomendasikan film produksi Ernest Prakasa serta film-film yang dibintanginya. Film-film Ernest Prakasa kebanyakan merupakan drama komedi. Jadi, buat Anda yang butuh hiburan dan tertawa sejenak, pastikan Anda menonton film Ernest Prakasa yang lucu.

  • 10

    10 Rekomendasi Film Marvel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

    Dari sekian banyak film superhero, mungkin Anda sudah sangat familier dengan film produksi Marvel. Kumpulan film Marvel ini masih bisa ditonton kapan saja melalui layanan media streaming digital seperti Netflix dan Disney+ Hotstar. Salah satu judul film Marvel terbaik yang tak boleh Anda lewatkan adalah Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame. Namun, film Marvel bukan Avengers saja. Masih banyak film Marvel lainnya yang tak kalah bagusnya, seperti Loki, Spider-Man, dan lainnya. Melalui artikel ini, kami akan mengulas list film Marvel terbaru tahun 2021 yang wajib Anda tonton. 

  • 10

    10 Rekomendasi Film Stephen Chow Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

    Sudah lama tidak tertawa lepas? Berarti Anda harus menonton film Stephen Chow. Dari yang klasik sampai yang terbaru, filmnya selalu kocak. Ia pernah menjadi dewa judi di seri God of Gamblers, pernah juga menjadi gelandangan di Kung Fu Hustle. Semuanya bisa membuat Anda ngakak!Kali ini kami akan membagikan cara memilih film Stephen Chow yang bagus. Kami juga punya rekomendasinya untuk Anda, lengkap dengan ulasannya. Anda mau yang terlucu? Pastinya ada, dong! Yuk, baca sampai tuntas untuk menemukan film Stephen Chow terbaik yang bisa Anda tonton di Neflix atau Vidio.

  • Artikel populer

  • 10

    10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

    Menonton film merupakan kegiatan yang mengasyikkan, baik sendiri maupun bersama orang terkasih. Sekarang Anda tak perlu repot-repot pergi ke bioskop untuk menonton film karena sudah banyak website resmi yang menyediakan film original. Anda tinggal memilih saja film terbaik kesukaan sambil menyantap camilan favorit.Di antara banyaknya aplikasi dan website untuk menonton film, Disney+ Hotstar menjadi salah satu situs favorit untuk segala usia. Kami akan memberikan tips memilih film dari Disney+ Hotstar Indonesia sekaligus merekomendasikan film yang bagus, seperti Toy Story 4, Mandalorian, WandaVision, sampai High School Musical The Series. Selamat membaca!

  • 10

    10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

    Film animasi merupakan salah satu jenis film yang disukai berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Visualisasi yang menarik dan penuh warna membuat film animasi menjadi menyenangkan untuk ditonton.  Di sini, kami akan membahas mengenai film animasi terbaik. Anda akan menemukan berbagai judul film yang bagus, seperti Spirited Away atau Toy Story. Kami juga akan mengulas film animasi terbaru 2021 serta film animasi Indonesia yang wajib Anda tonton! Sebelum menonton, simak dahulu penjelasan kami di bawah ini.

  • 10

    10 Rekomendasi Film Action Comedy Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

    Salah satu cara menghadapi situasi pandemi yang membuat stres adalah dengan menonton film. Action comedy menjadi genre yang bagus untuk dijadikan pilihan karena ceritanya tidak monoton sekaligus mengocok perut. Aksi Iko Uwais berkelahi, aksen khas Stephen Chow, hingga banyolan Vino G. Bastian sangat dinantikan penikmat film.Tenang saja, kami akan membahas rekomendasi film action comedy terbaik yang bisa Anda tonton di Netflix, Vidio, maupun Disney+. Simak juga tips memilih film action comedy, baik dari Indonesia, Korea, hingga Hollywood. Dengan begitu, waktu Anda pun tidak terbuang sia-sia karena salah pilih film.

  • 10

    10 Rekomendasi Anime Netflix Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

    Netflix adalah aplikasi streaming berbayar yang menyediakan ratusan tontonan legal tanpa perlu repot ke bioskop. Nah, anime merupakan salah satu tontonan yang banyak disukai dan populer di aplikasi Netflix. Netflix menyediakan beragam pilihan, mulai dari anime Netflix original sampai anime Netflix adaptation. Ada banyak genre yang ditawarkan, seperti anime fighting, fantasi, komedi, dan sejarah. Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih anime Netflix yang bagus dan patut masuk ke dalam watchlist. Tak lupa, kami juga merekomendasikan anime Netflix terbaik, seperti Aggretsuko, Great Pretender, dan Yasuke. Simak sampai selesai, ya!

  • 10

    10 Rekomendasi Film Action Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

    Saat ini, industri hiburan Korea tengah naik daun, termasuk di bidang perfilmannya. Genre film Korea sebenarnya sangatlah beragam, salah satu yang banyak diminati oleh penonton adalah film bergenre action. Genre action banyak disukai karena menyajikan plot yang seru dengan banyak adegan laga yang mendebarkan.Pada kesempatan ini, kami akan mengulas tips memilih film action Korea terbaru dan terpopuler yang layak Anda tonton. Berbagai rekomendasi film action Korea yang bagus, seperti Train to Busan, Midnight Runners, dan The Outlaws juga kami siapkan. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

  • 10

    10 Rekomendasi Film Raditya Dika Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

    Raditya Dika bisa dibilang salah satu content creator terbaik Indonesia dalam dua dekade terakhir. Dari zaman blog, stand-up comedy, YouTube, podcast, hingga film, Raditya Dika selalu menjadi salah satu yang terbaik. Tak hanya sebagai penulis, ia juga membintangi dan menyutradarai film-filmnya.Film Kambing Jantan menjadi awal kiprah Radit di dunia film. Setelah itu, karya-karya lainnya, seperti Koala Kumal, Single, The Guys, dan Target menyusul tayang di bioskop Indonesia. Kali ini, kami akan membahas film-film Raditya Dika yang bagus dan terbaru. Penasaran dengan review film Raditya Dika? Simak selengkapnya di sini!

  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori

    Tell us about you

    Find us at the office

    Eastmond- Sukel street no. 62, 79540 Hanga Roa, Easter Island

    Give us a ring

    Jaquelinee Wrate
    +74 201 709 645
    Mon - Fri, 9:00-15:00

    Reach out